PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA PRESENTASI INTERAKTIF PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN AKUNTANSI SMA NEGERI 1 GRESIK

  • IKA FIDARAENI LUTHFIANA PUTRY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis multimedia presentasi interaktif pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang yang layak; mengetahui kelayakan bahan ajar berdasarkan hasil validasi bahan ajar oleh ahli media, materi, dan guru Akuntansi SMA; serta mengetahui  respon peserta didik setelah ujicoba bahan ajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model ASSURE. Sebelum dilakukan uji coba, bahan ajar ditelaah dan divalidasi terlebih dahulu oleh 1 dosen ahli media, 1 dosen ahli materi, dan 1 guru Akuntansi SMA sebagai ahli materi. Uji coba dilakukan secara terbatas kepada 30 peserta didik kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Gresik. Hasil penelitian ini yaitu bahan ajar berbasis multimedia presentasi interaktif jurnal penyesuaian perusahaan dagang yang layak. Kelayakan materi dari hasil validasi materi adalah 83,57% dengan kategori sangat layak, kelayakan media dari hasil validasi media adalah 87% dengan kategori sangat layak, dan hasil respon peserta didik adalah 90,22% peserta didik memberikan respon positif.

Kata Kunci:  bahan ajar multimedia presentasi interaktif, PowerPoint, Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang

Published
2017-07-19
How to Cite
FIDARAENI LUTHFIANA PUTRY, I. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA PRESENTASI INTERAKTIF PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN AKUNTANSI SMA NEGERI 1 GRESIK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/20385
Section
Article
Abstract Views: 333
PDF Downloads: 378