PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA PRESENTASI INTERAKTIF PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN AKUNTANSI SMA NEGERI 1 GRESIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis multimedia presentasi interaktif pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang yang layak; mengetahui kelayakan bahan ajar berdasarkan hasil validasi bahan ajar oleh ahli media, materi, dan guru Akuntansi SMA; serta mengetahui respon peserta didik setelah ujicoba bahan ajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model ASSURE. Sebelum dilakukan uji coba, bahan ajar ditelaah dan divalidasi terlebih dahulu oleh 1 dosen ahli media, 1 dosen ahli materi, dan 1 guru Akuntansi SMA sebagai ahli materi. Uji coba dilakukan secara terbatas kepada 30 peserta didik kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Gresik. Hasil penelitian ini yaitu bahan ajar berbasis multimedia presentasi interaktif jurnal penyesuaian perusahaan dagang yang layak. Kelayakan materi dari hasil validasi materi adalah 83,57% dengan kategori sangat layak, kelayakan media dari hasil validasi media adalah 87% dengan kategori sangat layak, dan hasil respon peserta didik adalah 90,22% peserta didik memberikan respon positif.
Kata Kunci: bahan ajar multimedia presentasi interaktif, PowerPoint, Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 378