PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) JENIS DRILL AND PRACTICE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENUNJANG KURIKULUM 2013 PADA MATERI AKUNTANSI KAS KECIL KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA
Abstract
Dunia pendidikan saat ini semakin berkembang, berbagai pembaharuan dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan terus dilakukan oleh Pemerintah salah satunya yaitu pemberlakukan Kurikulum 2013. Dalam Kurikulum 2013 siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini membuat guru untuk semakin kreatif dan inovatif dalam menciptakan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sangat diperlukan untuk membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman. Oleh karena itu dilakukan pengembangan media interaktif sebagai media pembelajaran penunjang Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Akuntansi Kas Kecil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan respon siswa terhadap media interaktif berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) jenisĀ Drill and Practice sebagai media pembelajaran penunjang Kurikulum 2013 pada materi Akuntansi Kas Kecil kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas XI Akuntansi 5 SMK Negeri 1 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar telaah, lembar validasi dan angket respon siswa. data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan kualitas isi dan tujuan sebesar 91% dengan kriteria sangat layak, kualitas instruksional sebesar 89% dengan kriteria sangat layak, dan kualitas teknis sebesar 92% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata ketiga komponen tersebut adalah 91% dengan kriteria sangat layak. Dan rata-rata persentase dari respon siswa sebesar 98% dengan kriteria sangat baik.
Kata kunci: media interaktif Computer Assisted Instruction (CAI) jenis Drill and Practice, media pembelajaran, Kurikulum 2013, akuntansi kas kecil
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 160