PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERPEN AKUNTANSI SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK MATERI PPH FINAL DAN TIDAK FINAL KELAS XII AKUNTANSI DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar cerpen akuntansi sebagai pendukung pembelajaran administrasi pajak materi PPh Final dan Tidak Final kelas XII Akuntansi di SMKN 2 Buduran Sidoarjo agar dapat menumbuhkan minat membaca pada siswa dan memberikan alternatif bahan ajar yang menarik sehingga siswa tidak bosan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas serta dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang bersangkutan.Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap cerpen akuntansi yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan 4P yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefinisisan, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikan masing-masing diperoleh persentase sebesar 86%, 89%, 87%, 89% dengan rata-rata kelayakan sebesar 88%. Sedangkan respon siswa diperoleh persentase sebesar 92%. Dengan demikian, cerpen akuntansi dinyatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar untuk menumbuhkan minat membaca siswa kelas XII Akuntansi 2 di SMKN 2 Buduran Sidoarjo pada materi PPh Final dan Tidak Final.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Cerpen Akuntansi, PPh Final dan Tidak Final
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 117