PENGEMBANGAN“PERMAINAN FORTUNE WHEEL SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI PPh PASAL 21 KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan”untuk“mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap permainan fortune wheel“sebagai media pengayaan pada materi PPh Pasal 21 Kelas XII Akuntansi SMK Negeri”di”Surabaya. Jenis“penelitian“ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model”ADDIE (analysis, design, develompent, implementation, evaluation). Sebelum dilakukan uji coba, media ditelaah dan divalidasi terlebih”dahulu oleh 1 dosen”ahli media,“1 dosen ahli materi,”dan 1 guru Akuntansi“SMK sebagai ahli”materi. “Lembar telaah para ahli menghasilkan data deskriptif”kualitatif,“sedangkan lembar validasi para ahli dan hasil respon siswa menghasilkan data deskriptif”kualitatif. Uji“coba dilakukan secara terbatas kepada 20”siswa kelas XII Akuntansi“SMK Negeri di”Surabaya. Hasil“penelitian ini adalah media”pengayaan berupa permainan“fortune wheel pada materi PPh Pasal 21 kelas XII”akuntansi.“Kelayakan materi dan media”dalam“penelitian ini memperoleh presentase 89,3% dengan kategori sangat layak dan hasil respon siswa dengan presentase 97% siswa memberikan”respon positif.
Kata Kunci : “fortune wheel, media pengayaan, PPh Pasal 21
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 65