PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI HARGA POKOK PESANAN

  • HANA NUR SAJIDAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa lembar kerja siswa yang merupakan bentuk dari LKS yang membantu peserta didik menemukan suatu konsep pada materi harga pokok pesanan untuk siswa kelas XII Akuntansi dan mengetahui tingkat kelayakan serta respon siswa terhadap produk pengembangan yang telah dibuat. Pengembangan lembar kerja siswa materi harga pokok pesanan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), penelitian ini hanya terbatas sampai pada tahap pengembangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar telaah dan validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafis serta angket respon peserta didik. Lembar telaah ahli materi mengahasilkan data deskriptif kualitatif, sedangkan  lembar validasi para ahli dan respon siswa menghasilkan data deskriptif kuantitatif. Hasil validasi oleh para ahli materi, bahasa dan grafis menujukan nilai rata-rata kelayakan sebesar 89% dengan kategori sangat layak. Hasil respon siswa menunjukan nilai 94,5% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa dikategorikan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran pada materi harga pokok pesanan.

Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Model Pengembangan 4D, Harga Pokok Pesanan

Published
2017-07-24
How to Cite
NUR SAJIDAH, H. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI HARGA POKOK PESANAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/20685
Section
Article
Abstract Views: 130
PDF Downloads: 162