PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI HARGA POKOK PESANAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa lembar kerja siswa yang merupakan bentuk dari LKS yang membantu peserta didik menemukan suatu konsep pada materi harga pokok pesanan untuk siswa kelas XII Akuntansi dan mengetahui tingkat kelayakan serta respon siswa terhadap produk pengembangan yang telah dibuat. Pengembangan lembar kerja siswa materi harga pokok pesanan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), penelitian ini hanya terbatas sampai pada tahap pengembangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar telaah dan validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafis serta angket respon peserta didik. Lembar telaah ahli materi mengahasilkan data deskriptif kualitatif, sedangkan lembar validasi para ahli dan respon siswa menghasilkan data deskriptif kuantitatif. Hasil validasi oleh para ahli materi, bahasa dan grafis menujukan nilai rata-rata kelayakan sebesar 89% dengan kategori sangat layak. Hasil respon siswa menunjukan nilai 94,5% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa dikategorikan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran pada materi harga pokok pesanan.
Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Model Pengembangan 4D, Harga Pokok Pesanan
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 162