PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU MAKE A MATCH SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan permainan kartu Make A Match sebagai media pengayaan pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya yang teruji layak digunakan dalam media pengayaan serta memperoleh respon positif dari siswa. Media pengayaan ini dikembangkan dengan model ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda. Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar telaah dan lembar validasi ahli materi, lembar telaah dan lembar validasi ahli media, dan angket respon siswa. Hasil data dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor 81,42% dengan kriteria sangat layak dan validasi dari ahli media memperoleh skor 77,14% dengan kriteria layak, dan rata-rata persentase respon siswa sebesar 96% dengan kriteria sangat baik. Hasil keseluruhan validasi ahli dan uji coba terbatas diperoleh rata-rata skorĀ 87,15% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pengayaan yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran pengayaan serta memperoleh respon positif dari siswa.
Kata Kunci: Permainan Kartu Make A Match, Media Pengayaan, Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 155