PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU MAKE A MATCH SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG

  • IKFINI ASICH SM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan permainan kartu Make A Match sebagai media pengayaan pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya yang teruji layak digunakan dalam media pengayaan serta memperoleh respon positif dari siswa. Media pengayaan ini dikembangkan dengan model ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda. Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar telaah dan lembar validasi ahli materi, lembar telaah dan lembar validasi ahli media, dan angket respon siswa. Hasil data dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor 81,42% dengan kriteria sangat layak dan validasi dari ahli media memperoleh skor 77,14% dengan kriteria layak, dan rata-rata persentase respon siswa sebesar 96% dengan kriteria sangat baik. Hasil keseluruhan validasi ahli dan uji coba terbatas diperoleh rata-rata skorĀ  87,15% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pengayaan yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran pengayaan serta memperoleh respon positif dari siswa.

Kata Kunci: Permainan Kartu Make A Match, Media Pengayaan, Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang

Published
2017-07-25
How to Cite
ASICH SM, I. (2017). PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU MAKE A MATCH SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/20753
Section
Article
Abstract Views: 130
PDF Downloads: 155