PENGEMBANGAN KOMIK AUDIO VISUAL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI MATERI JURNAL PENYESUAIAN UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 SURABAYA TAHUN AJARAN 2016/2017

  • VELY UMMY FADHILAH

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran berbentuk komik audio visual berbasis scientific approach pada materi jurnal penyesuaian yang layak untuk siswa kelas X Akuntans SMK negeri 4 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Thiagarajan yaitu 4-D yang terdiri dari difine (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun pada tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan dikarenakan terbatasnya waktu dan biaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh skor presentase sebesar 83,46% dari ahli media, 74,5% dari ahli materi, dan 90,205% dari ujicoba terbatas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media komik audio visual berbasis scientific approach pada materi jurnal penyesuaian sangat layak digunakan untuk media pembelajaran.”

 Kata kunci : Media pembelajaran, Komik Audio Visual, Jurnal Penyesuaian

Published
2017-07-25
How to Cite
UMMY FADHILAH, V. (2017). PENGEMBANGAN KOMIK AUDIO VISUAL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI MATERI JURNAL PENYESUAIAN UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 SURABAYA TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/20755
Section
Article
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 177