PENGEMBANGAN KOMIK AUDIO VISUAL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI MATERI JURNAL PENYESUAIAN UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 SURABAYA TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran berbentuk komik audio visual berbasis scientific approach pada materi jurnal penyesuaian yang layak untuk siswa kelas X Akuntans SMK negeri 4 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Thiagarajan yaitu 4-D yang terdiri dari difine (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun pada tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan dikarenakan terbatasnya waktu dan biaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh skor presentase sebesar 83,46% dari ahli media, 74,5% dari ahli materi, dan 90,205% dari ujicoba terbatas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media komik audio visual berbasis scientific approach pada materi jurnal penyesuaian sangat layak digunakan untuk media pembelajaran.”
Kata kunci : Media pembelajaran, Komik Audio Visual, Jurnal Penyesuaian
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 177