PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), MINAT MEMASUKI DUNIA KERJA DAN PENGUASAAN PENGETAHUAN (MATERI PRODUKTIF) TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • CLARA SHINTA FORTUNELA

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan”(SMK) sebagai lembaga pendidikan yang perlu dikelola dan diberdayakan seoptimal mungkin, yaitu dengan memperoleh hasil pendidikan yang berkualitas. SMK pada hakekatnya memiliki dua tujuan penting diantaranya mempersiapkan dan mematangkan kesiapan siswa  untuk memasuki dunia usaha dan industri, yang kedua mempersiapkan siswa untuk memasuki pendidikan jenjang perguruan tinggi.”Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesiapan kerja pada siswa dengan berbagai hal diantaranya pengalaman praktik kerja industri, minat siswa dan penguasaan pengetahuan yang lebih khusunya pengetahuan materi produktif mereka dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini uji coba terhadap 30 siswa dari jumlah diluar sampel. Hasil penelitian menunjukan pada uji determinasi sebesar 0,308 artinya 30,8 % kesiapan kerja mendapat kontribusi dari ketiga variabel.  Dengan demikian pengalaman praktik kerja industri, minat memasuki dunia kerja dan penguasaan pengetahuan berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya.

Kata Kunci: Pengalaman Praktik Kerja industri, Minat Memasuki Dunia Kerja, Penguasaan Pengetahuan, Kesiapan Kerja

Published
2017-07-28
How to Cite
SHINTA FORTUNELA, C. (2017). PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), MINAT MEMASUKI DUNIA KERJA DAN PENGUASAAN PENGETAHUAN (MATERI PRODUKTIF) TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21005
Section
Article
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 104