PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), MINAT MEMASUKI DUNIA KERJA DAN PENGUASAAN PENGETAHUAN (MATERI PRODUKTIF) TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan”(SMK) sebagai lembaga pendidikan yang perlu dikelola dan diberdayakan seoptimal mungkin, yaitu dengan memperoleh hasil pendidikan yang berkualitas. SMK pada hakekatnya memiliki dua tujuan penting diantaranya mempersiapkan dan mematangkan kesiapan siswa untuk memasuki dunia usaha dan industri, yang kedua mempersiapkan siswa untuk memasuki pendidikan jenjang perguruan tinggi.”Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesiapan kerja pada siswa dengan berbagai hal diantaranya pengalaman praktik kerja industri, minat siswa dan penguasaan pengetahuan yang lebih khusunya pengetahuan materi produktif mereka dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini uji coba terhadap 30 siswa dari jumlah diluar sampel. Hasil penelitian menunjukan pada uji determinasi sebesar 0,308 artinya 30,8 % kesiapan kerja mendapat kontribusi dari ketiga variabel. Dengan demikian pengalaman praktik kerja industri, minat memasuki dunia kerja dan penguasaan pengetahuan berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Surabaya.
Kata Kunci: Pengalaman Praktik Kerja industri, Minat Memasuki Dunia Kerja, Penguasaan Pengetahuan, Kesiapan Kerja
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 104