PERBANDINGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN JALUR SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI

  • PUTRI INDAH MAWARNI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi mahasiswa yang berasal dari latar belakang pendidikan yang berbeda dan jalur seleksi masuk perguruan tinggi. Jenis penelitian ini adalah Comparative Study atau Perbandingan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2013. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan ketentuan kriteria. Dari ketentuan kriteria  diperoleh sampel seluruh populasi yaitu berjumlah 77 mahasiswa dari program studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2013 Universitas Negeri Surabaya kelas A dan B. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat normalitas dan uji hipotesis. Pada uji normalitas data pada penelitian ini terbukti tidak berdistribusi normal, sehingga uji hipotesis menggunakan non parametrik yaitu uji Mann-Whitney dan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perbandingan hasil belajar Pengantar Akuntansi mahasiswa yang berasal dari SMK dan SMA terdapat perbedaan secara signifikan. Dari nilai rata-rata yang didapat, mahasiswa dari SMK lebih unggul dibandingkan mahasiswa SMA. (2) Perbandingan hasil belajar Pengantar Akuntansi mahasiswa yang berasal dari IPA dan IPS tidak terdapat perbedaan. (3) Perbandingan hasil belajar Pengantar Akuntansi mahasiswa yang berasal dari jalur masuk SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri tidak terdapat perbedaan. (4) Perbandingan hasil belajar Akuntansi Keuangan mahasiswa yang berasal dari SMK dan SMA terdapat perbedaan secara signifikan. Dari nilai rata-rata yang didapat, mahasiswa dari SMK lebih unggul dibandingkan mahasiswa SMA. (5) Perbandingan hasil belajar Akuntansi Keuangan mahasiswa yang berasal dari IPA dan IPS tidak terdapat perbedaan. (6) Perbandingan hasil belajar Teori Akuntansi mahasiswa yang berasal dari SMK dan SMA terdapat perbedaan secara signifikan. Dari nilai rata-rata yang didapat, mahasiswa dari SMK lebih unggul dibandingkan mahasiswa SMA. (7) Perbandingan hasil belajar Teori Akuntansi mahasiswa yang berasal dari IPA dan IPS tidak terdapat perbedaan.

 

Kata Kunci: hasil belajar, akuntansi, perbandingan

Published
2017-08-01
How to Cite
INDAH MAWARNI, P. (2017). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN JALUR SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21178
Section
Article
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 129