PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING), PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN AKUNTANSI, DAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI MATERI JURNAL KHUSUS KELAS XI SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • AGUSTINA TRI RAHAYU

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model PBL (problem based learning), penggunaan modul pembelajaran akuntansi dan motivasi belajar akuntansi secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar akuntansi materi jurnal khusus kelas XI SMK Negeri 10 Surabaya. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 117 siswa. Sampel penelitian berjumlah 91 siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, keusioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.0 yang sebelumnya sudah dilakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian dari uji F menunjukkan F hitung sebesar 4,652 dan didukung signifikansi 0,005 yang menunjukkan bahwa model PBL (problem based learning), penggunaan modul pembelajaran akuntansi dan motivasi belajar akuntansi berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Negeri 10 Surabaya. Hasil uji t menunjukkan (1) model PBL (problem based learning) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK”Negeri 10 Surabaya sebesar 0,046<0,05, (2) penggunaan modul pembelajaran akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Negeri 10 Surabaya sebesar 0,046<0,05, dan (3)  motivasi belajar akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Negeri 10 Surabaya sebesar 0,012<0,05. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,138 berarti bahwa 13,8% hasil belajar akuntansi dipengaruhi oleh model PBL  (problem based learning),  penggunaan modul pembelajaran akuntansi dan motivasi belajar akuntansi.

 

KataKunci: Model PBL (problem based learning), modul, motivasi, hasil belajar

Published
2017-08-01
How to Cite
TRI RAHAYU, A. (2017). PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING), PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN AKUNTANSI, DAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI MATERI JURNAL KHUSUS KELAS XI SMK NEGERI 10 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21200
Section
Article
Abstract Views: 226
PDF Downloads: 240