PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING), PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN AKUNTANSI, DAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI MATERI JURNAL KHUSUS KELAS XI SMK NEGERI 10 SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model PBL (problem based learning), penggunaan modul pembelajaran akuntansi dan motivasi belajar akuntansi secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar akuntansi materi jurnal khusus kelas XI SMK Negeri 10 Surabaya. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 117 siswa. Sampel penelitian berjumlah 91 siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, keusioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.0 yang sebelumnya sudah dilakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian dari uji F menunjukkan F hitung sebesar 4,652 dan didukung signifikansi 0,005 yang menunjukkan bahwa model PBL (problem based learning), penggunaan modul pembelajaran akuntansi dan motivasi belajar akuntansi berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Negeri 10 Surabaya. Hasil uji t menunjukkan (1) model PBL (problem based learning) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK”Negeri 10 Surabaya sebesar 0,046<0,05, (2) penggunaan modul pembelajaran akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Negeri 10 Surabaya sebesar 0,046<0,05, dan (3) motivasi belajar akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Negeri 10 Surabaya sebesar 0,012<0,05. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,138 berarti bahwa 13,8% hasil belajar akuntansi dipengaruhi oleh model PBL (problem based learning), penggunaan modul pembelajaran akuntansi dan motivasi belajar akuntansi.
Kata”Kunci: Model PBL (problem based learning), modul, motivasi, hasil belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 240