PENGARUH HASIL BELAJAR MATEMATIKA EKONOMI, PEMAHAMAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika ekonomi, pemahaman pengantar akuntansi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 1. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 149 responden dari populasi 238 mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013, 2014 dan 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Hasil analisis Uji F diketahui bahwa terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan dari keseluruhan variabel independen terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil analisis Uji t menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 1. (2) pemahaman pengantar akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 1. (3) kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 1.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika Ekonomi, Pemahaman Pengantar Akuntansi, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Akuntansi Keuangan menengah 1
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 162