PENGARUH HASIL BELAJAR MATEMATIKA EKONOMI, PEMAHAMAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • DIAN WULANDARI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika ekonomi, pemahaman pengantar akuntansi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 1. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling.  Sampel yang diambil sebanyak 149 responden dari populasi 238 mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013, 2014 dan 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Hasil analisis Uji F diketahui bahwa terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan dari keseluruhan variabel independen terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil analisis Uji t menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 1. (2) pemahaman pengantar akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 1. (3) kemandirian belajar berpengaruh  positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah 1.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika Ekonomi, Pemahaman Pengantar Akuntansi, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Akuntansi Keuangan menengah 1

Published
2017-08-01
How to Cite
WULANDARI, D. (2017). PENGARUH HASIL BELAJAR MATEMATIKA EKONOMI, PEMAHAMAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH 1 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21201
Section
Article
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 162