PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN DAN JURNAL KOREKSI UNTUK KELAS XII AKUNTANSI DI SMKN 1 SURABAYA
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah bahan ajar interaktif berbasis android yang memuat materi jurnal penyesuaian dan jurnal koreksi untuk kelas XII Akuntansi di SMKN 1 Surabaya, kemudian menguji kelayakan serta menguji respon peserta didik terhadap bahan ajar interaktif yang telah dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, development, dan dissemination. Data dikumpulkan melalui teknik angket yang terdiri dari angket terbuka dan angket tertutup. Angket terbuka digunakan pada saat telaah media, sedangkan angket tertutup digunakan pada saat uji kelayakan dan uji respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif berbasis android telah dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan 4D, akan tetapi prosedur pengembangan yang dilakukan hanya sampai pada tahap development saja. Uji kelayakan bahan ajar menurut ahli materi dan ahli media yang didasarkan pada empat aspek kelayakan menunjukkan hasil sangat layak dengan prosentase 87,5%. Hasil respon peserta didik yang didasarkan pada 3 aspek kriteria menunjukkan hasil sagat baik dengan prosentase sebesar 93%.
Kata kunci: Bahan ajar interaktif, android, jurnal penyesuaian dan jurnal koreksi
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

