PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN DAN JURNAL KOREKSI UNTUK KELAS XII AKUNTANSI DI SMKN 1 SURABAYA

  • ARINA MANASIKANA

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah bahan ajar interaktif berbasis android yang memuat materi jurnal penyesuaian dan jurnal koreksi untuk kelas XII Akuntansi di SMKN 1 Surabaya, kemudian menguji kelayakan serta menguji respon peserta didik terhadap bahan ajar interaktif yang telah dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, development, dan dissemination. Data dikumpulkan melalui teknik angket yang terdiri dari angket terbuka dan angket tertutup. Angket terbuka digunakan pada saat telaah media, sedangkan angket tertutup digunakan pada saat uji kelayakan dan uji respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif berbasis android telah dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan 4D, akan tetapi prosedur pengembangan yang dilakukan hanya sampai pada tahap development saja. Uji kelayakan bahan ajar menurut ahli materi dan ahli media yang didasarkan pada empat aspek kelayakan menunjukkan hasil sangat layak dengan prosentase 87,5%. Hasil respon peserta didik yang didasarkan pada 3 aspek kriteria menunjukkan hasil sagat baik dengan prosentase sebesar 93%.

Kata kunci: Bahan ajar interaktif, android, jurnal penyesuaian dan jurnal koreksi

Published
2017-08-03
How to Cite
MANASIKANA, A. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN DAN JURNAL KOREKSI UNTUK KELAS XII AKUNTANSI DI SMKN 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21225
Section
Article
Abstract Views: 771
PDF Downloads: 907