Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Materi Jurnal Khusus Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach Sebagai Sumber Belajar Alternatif Kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo

  • DEVITA REZALIA DEWI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan. Namun penelitian ini hanya sampai pada pengembangan (develop). Uji coba dilakukan dengan 20 peserta didik kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar telaah, lembar validasi, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan isi sebesar 86,15% dengan kriteria sangat layak, penyajian sebesar 84,5% dengan kriteria sangat layak, bahasa sebesar 91,42% dengan kriteria sangat layak, dan kegrafikan sebesar 94,88% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata keempat komponen tersebut adalah sebesar 89,23% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata persentase dari respon siswa adalah sebesar 94,08% dengan kriteria sangat baik.

Kata Kunci: bahan ajar, e-book interaktif, pendekatan saintifik, akuntansi perusahaan dagang.

Published
2017-09-08
How to Cite
REZALIA DEWI, D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Materi Jurnal Khusus Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach Sebagai Sumber Belajar Alternatif Kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21599
Section
Article
Abstract Views: 1170
PDF Downloads: 1134