PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA KELAS X KEUANGAN DI SMK NEGERI 2 BUDURAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi laporan keuangan perusahaan jasa dengan penerapan antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas X Keuangan SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode True Eksperimental dengan rancangan Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Keuangan SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 144 siswa. Sampel penelitian ini diambil secara acak dan di dapat kelas X KU 1 sebagai Kelas Eksperimen I (TAI), dan kelas X KU 2 sebagai Kelas Eksperimen II (STAD). Hasil Uji T untuk nilai posttest menunjukkan, taraf signifikansi sebesar 0,006 kurang dari 0,05. Hasil thitung > ttabel yaitu 2,820 > 2,000 pada taraf signifikansi 5% dan df = 70. Kelas Eksperimen I memiliki rata – rata 88,61 sedangkan Kelas Eksperimen II memiliki rata – rata 83,61. Kelas Eksperimen I yang diberi perlakuan tipe TAI dengan rata – rata nilai awal 66,39 dan rata – rata nilai akhir 88,61 meningkat sebesar 22,23 poin. Sedangkan Kelas Eksperimen II yang diberi perlakuan tipe STAD dengan rata – rata nilai awal 65.97 dan rata – rata nilai akhir 83,61 meningkat sebesar 17,64 poin. Dengan hasil perhitungan signifikansi sebesar 0,03 kurang dari 0,05. Hasil thitung > ttabel yaitu 2,215 > 2,000 pada taraf signifikansi 5% dan df = 70 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan tipe Student Teams Achievement Division pada materi Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Kelas X Keuangan di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Team Assisted Individualization (TAI) menunjukkan hasil belajar yang lebih unggul dibandingkan dengan Student Teams Achievement Division (STAD). Hal ini dikarenakan pada pembelajaran TAI yang mengkombinasaikan keunggulan kooperatif dan program pengajaran individual, ini memungkinkan bahwa siswa yang pandai turut membantu temannya yang lemah dalam kelompoknya. Dengan demikian siswa yang pandai dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilannya.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Team Assisted Individualization, Student Teams Achievement Division
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 27