PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LOVE OF MONEY, DAN HASIL BELAJAR MANAJEMEN KEUANGAN TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNESA

  • RAHMA DINDA ATIKA

Abstract

Salah satu kecerdasan yang harus dimiliki oleh mahasiswa adalah kecerdasan finansial, yaitu kecerdasan dalam mengelola keuangan pribadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2013 dan angkatan 2014 dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2013 dan 2014 yang diambil menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa (1) literasi keuangan, love of money, dan hasil belajar manajemen keuangan secara simultan berpangaruh signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa. Hal ini dilihat dari besaran sig = 0,000 < 0,050, (2) pemahaman literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa. Hal ini dilihat dari besaran sig = 0,001 < 0,050 dan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,296 dengan nilai thitung sebesar 3,344, (3) love of money berpengaruh signifikan terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa. Hal ini dilihat dari besaran sig = 0,001 < 0,050 dan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,298 dengan nilai thitung sebesar 3,380, dan (4) hasil belajar manajemen keuangan tidak berpengaruh terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari besaran sig = 0,856 > 0,050 dan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,017 dengan nilai thitung sebesar 0,194.”

Kata Kunci : Literasi Keuangan, Love Of Money, dan Hasil Belajar Manajemen Keuangan

Published
2017-09-14
How to Cite
DINDA ATIKA, R. (2017). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LOVE OF MONEY, DAN HASIL BELAJAR MANAJEMEN KEUANGAN TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNESA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21780
Section
Article
Abstract Views: 844
PDF Downloads: 1028