Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Blog Pada Materi Rekonsiliasi Bank Untuk Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo

  • RIA RIYANTI

Abstract

“Pertumbuhan internet yang pesat menjadikan web suatu media belajar dan mengajar interaktif, ekonomis, dan demokratis. Media pembelajaran berbasis web blog merupakan media yang dikembangkan untuk mendukung pembelajaran dengan pendekatan saintifik 5M (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan) pada materi rekonsiliasi bank. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis web blog pada materi rekonsiliasi bank, menguji kelayakan dari pengembangan media, dan respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D dari Thiagarajan. Namun dala penelitian ini hanya sampai pada tahap ketiga yaitu pengembangan (develop). Pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Hasil skor persentase diperoleh dari perhitungan skor menurut skala Likert dan Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli materi mendapatkan skor rata-rata sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media mendapatkan skor sebesar 81% dengan kategori sangat layak. Hasil keseluruhan didapatkan skor sebesar 84% dengan kategori sangat layak dan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis web blog mendapatkan skor sebesar 95% dengan kategori sangat baik.”

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Web Blog, Rekonsiliasi Bank

Published
2017-09-18
How to Cite
RIYANTI, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Blog Pada Materi Rekonsiliasi Bank Untuk Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21842
Section
Article
Abstract Views: 169
PDF Downloads: 247