Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Blog Pada Materi Rekonsiliasi Bank Untuk Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo
Abstract
“Pertumbuhan internet yang pesat menjadikan web suatu media belajar dan mengajar interaktif, ekonomis, dan demokratis. Media pembelajaran berbasis web blog merupakan media yang dikembangkan untuk mendukung pembelajaran dengan pendekatan saintifik 5M (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan) pada materi rekonsiliasi bank. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis web blog pada materi rekonsiliasi bank, menguji kelayakan dari pengembangan media, dan respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D dari Thiagarajan. Namun dala penelitian ini hanya sampai pada tahap ketiga yaitu pengembangan (develop). Pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Hasil skor persentase diperoleh dari perhitungan skor menurut skala Likert dan Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli materi mendapatkan skor rata-rata sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media mendapatkan skor sebesar 81% dengan kategori sangat layak. Hasil keseluruhan didapatkan skor sebesar 84% dengan kategori sangat layak dan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis web blog mendapatkan skor sebesar 95% dengan kategori sangat baik.”
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Web Blog, Rekonsiliasi Bank
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 247