“STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA PADA IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING  DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN LKS DI KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 4 SURABAYA

  • RATIH MASOCTAVIA

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada implementasi model pjbl dengan dan tanpa menggunakan LKS Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan jenis penelitian True Eksperimental (eksperimen murni) dengan rancangan Control Group Pretest and Posttest Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Dalam teknik analisis data, dilakukan uji prasyarat terdiri dari  uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Lavene. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample Test. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 44,60% sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 27,98%. Dimana rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 88,92 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 80,95. Selain itu hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan bantuan program SPSS dengan uji statistik Independent Samples Test menunjukkan bahwa taraf signifikansi t-test sebesar 0,000 < 0,05 dan diketahui thitung > ttabel (3,943 > 1,996 ), maka Hο ditolak dan Hα diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan dan tanpa menggunakan Lembar Kegiatan Siswa dalam model Project Based Learning.

Kata Kunci:  project based learning, lembar kegiatan siswa, hasil belajar

Published
2017-09-18
How to Cite
MASOCTAVIA, R. (2017). “STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA PADA IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING  DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN LKS DI KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21843
Section
Article
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 26