“STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA PADA IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN LKS DI KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 4 SURABAYA
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada implementasi model pjbl dengan dan tanpa menggunakan LKS Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan jenis penelitian True Eksperimental (eksperimen murni) dengan rancangan Control Group Pretest and Posttest Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Dalam teknik analisis data, dilakukan uji prasyarat terdiri dari uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Lavene. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample Test. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 44,60% sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 27,98%. Dimana rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 88,92 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 80,95. Selain itu hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan bantuan program SPSS dengan uji statistik Independent Samples Test menunjukkan bahwa taraf signifikansi t-test sebesar 0,000 < 0,05 dan diketahui thitung > ttabel (3,943 > 1,996 ), maka Hο ditolak dan Hα diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan dan tanpa menggunakan Lembar Kegiatan Siswa dalam model Project Based Learning.
Kata Kunci: project based learning, lembar kegiatan siswa, hasil belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 26