PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS ANDROID SEBAGAI PENDUKUNG BAHAN AJAR UNTUK MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN MATERI AKUNTANSI PERSEDIAAN DI KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 2 TUBAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa handout berbasis android sebagai pendukung bahan ajar untuk mata pelajaran akuntansi keuangan materi akuntansi persediaan, mengetahui kelayakan bahan ajar, dan respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research & Development)/R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (tahap analisis), Design (tahap desain), Development (tahap pengembangan), Implementation (tahap implementasi), dan Evaluation (tahap evaluasi). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Uji coba produk dilakukan pada 20 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Tuban. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar telaah dan validasi dari para ahli yaitu ahli materi dan ahli grafis serta angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi handout berbasis android yang dilakukan oleh ahli materi dari aspek kualitas isi dan tujuan serta aspek kualitas instruksional diperoleh rata-rata persentase sebesar 94% dan termasuk pada kategori sangat layak. Selain itu, hasil validasi yang dilakukan oleh ahli grafis diperoleh persentase sebesar 92.32% dan termasuk pada kategori sangat layak. Sehingga, rata-rata hasil validasi oleh para ahli adalah 93.16% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan hasil angket respon siswa terhadap handout berbasis android menunjukkan persentase sebesar 95% dengan kriteria sangat baik.
Kata Kunci : Handout, Android, Pendukung Bahan Ajar, Akuntansi Persediaan
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 175