Efektivitas Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Software Adobe Flash Professional CS6 Terhadap Hasil Belajar Materi Jurnal Penyesuaian Kelas X Di SMK Prapanca 2 Surabaya
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru kurang memanfaatkan media pembelajaran yang ada, sehingga perlu adanya inovasi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan Problem Based Learning dengan berbantuan dan tanpa berbantuan media pembelajaran interaktif dengan Software Adobe Flash CS6, (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran interaktif dengan Software Adobe Flash CS 6 di SMK Prapanca 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode True Experiment (eksperimen murni) dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 74 siswa dari dua kelas X AK di SMK Prapanca 2 Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 37 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eskperimen yang semula 57.30 meningkat menjadi 88.65. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar yang semula 59.86 meningkat menjadi 82.30. Serta berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3.718 > 1.993), serta nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0.000 < 0.05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk respon siswa kelas eksperimen mencapai 81.62% dengan kriteria sangat baik sehingga dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Ini membuktikan bahwa media pembelajaran interaktif dengan software Adobe Flash Professional CS6 efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci : Media pembelajaran interaktif, Adobe Flash Professional CS6, Hasil belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 167