Efektivitas Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Software Adobe Flash Professional CS6 Terhadap Hasil Belajar Materi Jurnal Penyesuaian Kelas X Di SMK Prapanca 2 Surabaya

  • WAHYUNI SUSILOWATI

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru kurang memanfaatkan media pembelajaran yang ada, sehingga perlu adanya inovasi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan Problem Based Learning dengan berbantuan dan tanpa berbantuan media pembelajaran interaktif dengan Software Adobe Flash CS6, (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran interaktif dengan Software Adobe Flash CS 6 di SMK Prapanca 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode True Experiment (eksperimen murni)  dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 74 siswa dari dua kelas X AK di SMK Prapanca 2 Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 37 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eskperimen yang semula 57.30 meningkat menjadi 88.65. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar yang semula 59.86 meningkat menjadi 82.30. Serta berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3.718 > 1.993), serta nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0.000 < 0.05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk respon siswa kelas eksperimen mencapai 81.62% dengan kriteria sangat baik sehingga dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Ini membuktikan bahwa media pembelajaran interaktif dengan software Adobe Flash Professional CS6 efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
 
Kata Kunci : Media pembelajaran interaktif, Adobe Flash Professional CS6, Hasil belajar

Published
2017-10-02
How to Cite
SUSILOWATI, W. (2017). Efektivitas Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Software Adobe Flash Professional CS6 Terhadap Hasil Belajar Materi Jurnal Penyesuaian Kelas X Di SMK Prapanca 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21927
Section
Article
Abstract Views: 156
PDF Downloads: 167