PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA KOMPETENSI DASAR PEMOTONGAN DAN TARIF PPh PASAL 21 KELAS XII AKUNTANSI DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO
Abstract
Pembelajaran administrasi pajak pada kompetensi dasar pemotongan dan tarif PPh pasal 21 masih dianggap sulit oleh siswa. Media pembelajaran yang digunakan guru masih belum menarik dan kurang mudah dipahami oleh siswa. Guru tidak mewajibkan siswa memiliki buku teks untuk pembelajaran administrasi pajak dan penggunaan lembaran soal untuk pemberian soal latihan yang disajikan guru masih kurang memotivasi siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada kompetensi dasar pemotongan dan tarif PPh pasal 21 untuk siswa kelas XII Akuntansi di SMK N 2 Buduran Sidoarjo. Model penelitian pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan 4-D menurut Thiagaraajan yang meliputi empat tahap pengembangan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahan penyebaran (desseminate). Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan media masing-masing diperoleh persentase sebesar 82%, 84%, 91% dengan rata-rata kelayakan”sebesar 85,6% dengan kategori sangat layak. Hasil respon siswa diperoleh persentase sebesar 93,6%. dengan kategori sangat baik. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis android sebagai media pembelajaran pendukung implementasi kurikulum 2013, secara keseluruhan dinyatakan sangat layak sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, LKS berbasis android, Model Pengembangan 4D, Pemotongan dan tarif PPh pasal 21
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 208