PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI LAPORAN KEUANGAN KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI MOJOAGUNG
Abstract
Model pembelajaran koopearif metode Make A Match adalah strategi pembelajaran dimana siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu topik dalam suasana yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, 2) hasil belajar terhadap penerapan model pembelajaran, 3) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif metode Make A Match pada materi laporan keuangan kelas X akuntansi SMK Negeri Mojoagung.” “Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan responden siswa kelas X Akuntansi 5 berjumlah 36 siswa. Tehnik pengambilan data yang digunakan adalah: 1) observasi terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif metode Make A Match, 2) tes hasil belajar siswa, 3) lembar respon siswa dan 4) dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan: 1) lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, 2) lembar soal pre test dan post test, 3) lembar respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif metode Make A Match. Hasil penelitian diketahui: 1) aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran pada siklus I mencapai skor 2,84 dengan kategori baik, dan pada siklus II mencapai skor 3,28 dengan kategori baik, 2) aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran pada siklus I mencapai skor 2,75 dengan kategori baik, dan pada siklus II mencapai skor 3,25 dengan kategori baik, 3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dari adanya peningkatan rata-rata nilai ketuntasan sesuai KKM. Rata rata nilai pada pre test pada siklus I sebesar 39,44, rata-rata nilai post test siklus I sebesar 76,53 dan rata-rata nilai post test siklus II sebesar 89,58. 4) hasil respon siswa pada siklus II adalah 66,67% dari total point siswa mengatakan ya dan 33,33% mengatakan tidak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Make A Match dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas X Akuntansi 5 SMK Negeri Mojoagung.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Kooperatif Metode Make A Match, Materi Laporan Keuangan, Hasil belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 260