PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) PADA MATERI REKONSILIASI BANK KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang menggunakan dan tanpa menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi rekonsiliasi bank kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan jenis penelitian True Experimental. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 89,78 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 85,89. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 32,84% sedangkan dalam kelas kontrol sebesar 28,5%. Selain itu, hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample T-test menunjukkan bahwa taraf signifikansi t-test sebesar 0,018<0,05 dan dihasilkan pula thitung > ttabel (2,424 > 1,993), maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan bantuan LKS (kelas eksperimen) dan siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning tanpa bantuan LKS (kelas kontrol) pada materi rekonsiliasi bank.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Lembar Kegiatan Siswa, Penelitian Eksperimen
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 51