PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) PADA MATERI REKONSILIASI BANK KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA

  • REBEKKA HERTI A P

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang menggunakan dan tanpa menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi rekonsiliasi bank kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan jenis penelitian True Experimental. Hasil penelitian menunjukkan  rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 89,78 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 85,89. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 32,84% sedangkan dalam kelas kontrol sebesar 28,5%. Selain itu, hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample T-test menunjukkan bahwa taraf signifikansi t-test sebesar 0,018<0,05 dan dihasilkan pula thitung > ttabel (2,424 > 1,993), maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan bantuan LKS (kelas eksperimen) dan siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning tanpa bantuan LKS (kelas kontrol) pada materi rekonsiliasi bank.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Lembar Kegiatan Siswa, Penelitian Eksperimen

Published
2017-10-25
How to Cite
HERTI A P, R. (2017). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) PADA MATERI REKONSILIASI BANK KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/22024
Section
Article
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 51