PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU

  • DINA FITRI FERDIANSYAH AINUL YAQIN

Abstract

Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. Faktor ekstern yang dianggap memiliki peran penting serta berpengaruh terhadap hasil belajar siswa adalah kebiasaan belajar siswa dan kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Boyolangu yaitu sebanyak 159 siswa. Sampel penelitian berjumlah 113 responden yang diambil dengan teknik proportional statified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa (1) kebiasaan belajar siswa dan kreativitas siswa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari besaran sig = 0,000<0,05 (2) kebiasaan belajar siswa secara parsial berpengaruh signifikansi terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari besaran sig = 0,000<0,05 dan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,328 dengan nilai thitung sebesar 4,936 dan,(3) kreativitas siswa secara parsial berpengaruh signifikansi terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari besaran sig = 0,000<0,05 dan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,468 dengan nilai thitung sebesar 8,414.

Kata Kunci : Kebiasaan Belajar Siswa, Kreativitas Siswa

Published
2017-10-26
How to Cite
FITRI FERDIANSYAH AINUL YAQIN, D. (2017). PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/22025
Section
Article
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 95