PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU
Abstract
Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. Faktor ekstern yang dianggap memiliki peran penting serta berpengaruh terhadap hasil belajar siswa adalah kebiasaan belajar siswa dan kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Boyolangu yaitu sebanyak 159 siswa. Sampel penelitian berjumlah 113 responden yang diambil dengan teknik proportional statified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa (1) kebiasaan belajar siswa dan kreativitas siswa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari besaran sig = 0,000<0,05 (2) kebiasaan belajar siswa secara parsial berpengaruh signifikansi terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari besaran sig = 0,000<0,05 dan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,328 dengan nilai thitung sebesar 4,936 dan,(3) kreativitas siswa secara parsial berpengaruh signifikansi terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari besaran sig = 0,000<0,05 dan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,468 dengan nilai thitung sebesar 8,414.
Kata Kunci : Kebiasaan Belajar Siswa, Kreativitas Siswa
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 95