PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) PADA MATERI PIUTANG KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI MOJOAGUNG
Abstract
Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang di dalamnya siswa diberikan suatu pengamatan mind mapping disetiap sub babnya untuk lebih memudahkan dalam mempelajari materi yang akan dipelajari, disetiap sub bab juga ada latihan soal dan di akhir pembelajran siswa diajak untuk berdiskusi untuk membuat mind mapping dari keseluruhan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk akhir berupa LKS yang berisi banyak latihan soal pada mata pelajaran akuntansi keuangan materi piutang, mengetahui proses pengembangan, tingkat kelayakan, dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dan menggunakan model pengembangan menurut Thiagarajan 4-D. Namun penelitian hanya dibatasi sampai tahap pengembangan saja. Data dikumpulkan menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Hasil skor prosentase diperoleh perhitungan skor menurut skala Likert dan Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 79,72%, validasi ahli bahasa 95%, validasi ahli grafis 92,5%, kesesuaian dengan mind mapping 95%. Hasil keseluruhan didapat skor sebesar 87,35% dan respon siswa terhadap LKS sebesar 95% dengan kriteria sangat baik.
Kata Kunci : Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Piutang
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 48