PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) PADA MATERI PIUTANG KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI MOJOAGUNG

  • DANIA MUNIFAH

Abstract

Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang di dalamnya siswa diberikan suatu pengamatan mind mapping disetiap sub babnya untuk lebih memudahkan dalam mempelajari materi yang akan dipelajari, disetiap sub bab juga ada latihan soal dan di akhir pembelajran siswa diajak untuk berdiskusi untuk membuat mind mapping dari keseluruhan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk akhir berupa LKS yang berisi banyak latihan soal pada mata pelajaran akuntansi keuangan materi piutang, mengetahui proses pengembangan, tingkat kelayakan, dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dan menggunakan model pengembangan menurut Thiagarajan 4-D. Namun penelitian hanya dibatasi sampai tahap pengembangan saja. Data dikumpulkan menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Hasil skor prosentase diperoleh perhitungan skor menurut skala Likert dan Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 79,72%, validasi ahli bahasa 95%, validasi ahli grafis 92,5%, kesesuaian dengan mind mapping 95%. Hasil keseluruhan didapat skor sebesar 87,35% dan respon siswa terhadap LKS sebesar 95% dengan kriteria sangat baik.

Kata Kunci : Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Piutang

Published
2017-10-26
How to Cite
MUNIFAH, D. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) PADA MATERI PIUTANG KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI MOJOAGUNG. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/22026
Section
Article
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 48