PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF, PEMAHAMAN ANALISIS TRANSAKSI DAN INTENSITAS LATIHAN SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JURNAL KHUSUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG KELAS XI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO
Abstract
Hasil belajar sering kali digunakan sebagai ukuran untuk mengetahui seberapa jauh siswa menerima atau menguasai mata pelajaran yang sudah disampaikan. Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor eksternal maupun internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Penggunaan bahan ajar E-book Interaktif, Pemahaman Analisis Transaksi dan Intensitas Latihan Soal terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Jurnal Khusus Akuntansi Perusahaan Dagang Kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik sampling total (sampel sensus/sampel jenuh). Siswa kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo diambil seluruhnya sebanyak 105 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian dari uji F menunjukkan nilai sig. sebesar 0,000<0,05 yang menunjukkan bahwa variabel bebas yang terdiri dari penggunaan bahan ajar ebook interaktif (X1), Pemahaman analisis transaksi (X2), dan intensitas latihan soal (X3) berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa (Y). Hasil uji t menunjukkan (1) Penggunaan bahan ajar ebook Interaktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (2) Pemahaman analisis transaksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dan (3) Intensitas latihan soal berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,711 berarti bahwa 71,1% hasil belajar siswa pada materi jurnal khusus akuntansi perusahaan dagang dipengaruhi oleh penggunaan e-book interaktif, Pemahaman analisis transaksi, dan intensitas latihan soal.
Kata Kunci : E-book interaktif, Pemahaman, Intensitas, Hasil Belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 435