PENGARUH TINGKAT FAKTOR DIMENSI FRAUD DIAMOND, INTENSITAS BELAJAR, DAN PEMAHAMAN MATEI PERSEDIAAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERSEDIAAN SISTEM PERPETUAL KELAS XI AK DI SMKN 10 SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor dimensi Fraud Diamond, intensitas belajar dan pemahaman akuntansi keuangan pada siswa kelas XI akuntansi SMKN 10 Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 90 responden dari populasi 116 siswa kelas XI AK tahun 2016-2017 SMKN 10 Surabaya. Hasil analisis Uji F diketahui bahwa terdapat pengaruh secara simultan dari keseluruhan variable. Berdasarkan hasil analisis Uji t menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh faktor dimensi fraud diamond terhadap hasil belajar pada materi persediaan sistem perpetual. (2) inetensitas belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar pada materi persediaan sistem perpetual. (3) Pemahaman materi persediaan berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar pada materi persediaan sistem perpetual.
Kata Kunci: faktor dimensi fraud diamond, intensitas belajar, pemahaman materi persediaan, hasil belajar pada materi persediaan sistem perpetual
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 31