PENGARUH NILAI AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG, NILAI MATEMATIKA, DAN FASILITAS LABORATORIUM AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR MYOB KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI MOJOAGUNG
Abstract
Hasil belajar menjadi ukuran siswa untuk mengetahui berhasil atau tidak dalam proses belajar mengajar dan sejauh mana siswa dapat menerima pelajaran yang diberikan oleh guru sehingga mereka mendapat hasil yang maksimal. Hasil belajar dipengaruhi beberapa faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai akuntansi perusahaan dagang, nilai matematika, dan fasilitas laboratorium akuntansi secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar MYOB siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri Mojoagung tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampelnya adalah random sampling. Siswa kelas XI Akuntansi diambil sebagai responden dengan jumlah 123 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dari uji F menunjukkan Fhitung sebesar 31,596 dan didukung signifikansi 0.000 yang menunjukkan bahwa nilai akuntansi perusahaan dagang, nilai matematika, dan fasilitas laboratorium akuntansi berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar MYOB. Hasil uji t menunjukkan (1) nilai akuntansi perusahaan dagang berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar MYOB sebesar 3,121; (2) nilai matematika berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar MYOB sebesar 3,031; dan (3) fasilitas laboratorium akuatansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar MYOB sebesar 4,343. Nilai Adjusted R Square sebesar 0.429 berarti bahwa 42,90 hasil belajar MYOB dipengaruhi oleh nilai akuntansi perusahaan dagang, nilai matematika, dan fasilitas laboratorium akuntansi.”
Kata kunci : Nilai, Fasilitas, Hasil Belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 105