PENGEMBANGAN PENILAIAN AUTENTIK ASPEK KETERAMPILAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA MATERI AKUNTANSI PIUTANG KELAS XI SEMESTER I SMKN 2 TUBAN

  • ERRIKA FITRIAN N A

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan penilaian autentik aspek keterampilan menggunakan instrumen penilaian kinerja pada materi akuntansi piutang kelas XI semester I yang  layak dalam segi validitas dan reliabilitasnya. Jenis penilitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan metode pengembangan Thiagarajan (model 4D). Sasaran penelitian adalah penilaian kinerja aspek keterampilan materi akuntansi piutang kelas XI semester I. Dan sasaran uji cobanya  adalah siswa kelas XI yang dinilai oleh dua orang guru akuntansi keuangan. Jenis instrumen yang digunakan adalah  lembar penilaian validitas yang digunakan untuk mengetahui validitas instrumen penilaian dan instrumen penilaian final yang di ujicobakan kepada siswa untuk mendapatkan nilai reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) talah dihasilkan instrumen penilaian kinerja yang layak berdasarkan hasil validitas dan reliabilitas, (2) validitas instrumen penilaian kinerja pada semua kompetensi dasar materi akuntansi piutang mendapatkan kriteria sangat layak dan (3) reliabilitas instrumen peniliaan kinerja pada semua kompetensi dasar materi akuntansi piutang dinyatakan layak.

Kata Kunci : Penilaian Autentik, Keterampilan, Instrumen Penilaian Kinerja

Published
2017-12-19
How to Cite
FITRIAN N A, E. (2017). PENGEMBANGAN PENILAIAN AUTENTIK ASPEK KETERAMPILAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA MATERI AKUNTANSI PIUTANG KELAS XI SEMESTER I SMKN 2 TUBAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/22234
Section
Article
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 81