PENGEMBANGAN PENILAIAN AUTENTIK ASPEK KETERAMPILAN MENGGUNAKAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA MATERI AKUNTANSI PIUTANG KELAS XI SEMESTER I SMKN 2 TUBAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan penilaian autentik aspek keterampilan menggunakan instrumen penilaian kinerja pada materi akuntansi piutang kelas XI semester I yang layak dalam segi validitas dan reliabilitasnya. Jenis penilitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan metode pengembangan Thiagarajan (model 4D). Sasaran penelitian adalah penilaian kinerja aspek keterampilan materi akuntansi piutang kelas XI semester I. Dan sasaran uji cobanya adalah siswa kelas XI yang dinilai oleh dua orang guru akuntansi keuangan. Jenis instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian validitas yang digunakan untuk mengetahui validitas instrumen penilaian dan instrumen penilaian final yang di ujicobakan kepada siswa untuk mendapatkan nilai reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) talah dihasilkan instrumen penilaian kinerja yang layak berdasarkan hasil validitas dan reliabilitas, (2) validitas instrumen penilaian kinerja pada semua kompetensi dasar materi akuntansi piutang mendapatkan kriteria sangat layak dan (3) reliabilitas instrumen peniliaan kinerja pada semua kompetensi dasar materi akuntansi piutang dinyatakan layak.
Kata Kunci : Penilaian Autentik, Keterampilan, Instrumen Penilaian Kinerja
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 81