PENGARUH NILAI PENGANTAR AKUNTANSI, COMPUTER ATTITUDE, DAN MOTIVASI BELAJAR APLIKASI KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR APLIKASI KOMPUTER MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Abstract
Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh siswa setelah melakukan beberapa rangkaian tes. Penilaian terhadap hasil belajar memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang telah berjalan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai pengantar akuntansi, computer attitude, dan motivasi belajar aplikasi komputer terhadap prestasi belajar aplikasi komputer mahasiswa prodi pendidikan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitiann kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik proportional sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 110 mahasiswa. Hasil penelitian pada uji f menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang berarti bahwa variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar aplikasi komputer pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Sedangkan dari hasil uji t diketahui nilai signifikansi variabel nilai pengantar akuntansi sebesar 0,000 , computer attitude sebesar 0,002, dan motivasi belajar aplikasi komputer sebesar 0,752. Hal ini menunjukkan bahwa variabel nilai pengantar akuntansi dan computer attitude memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar apliaksi komputer mahasiswa prodi pendidikan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,230 berarti bahwa 23% prestasi belajar aplikasi komputer mahasiswa prodi pendidikan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya dipengaruhi oleh nilai pengantar akuntansi, computer attitude, dan motivasi belajar aplikasi komputer. ”
Kata Kunci: Pengantar Akuntansi, Aplikasi Komputer myob, Computer Attitude, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 54