PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MATERI PERSEDIAAN UNTUK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • NOVI NORISTA SARI

Abstract

Penggunaan bahan ajar yang dikemas apik sesuai dengan kurikulum 2013 dapat menunjang kegiatan belajar siswa. Melalui pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis scientific approach untuk siswa kelas XI Akuntansi di SMKN 10 Surabaya dapat membantu siswa menumbuhkan minat belajar dan menambah referensi relevan serta dapat digunakan siswa untuk belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap Lembar Kegiatan Siswa akuntansi yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4P yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tertutup (lembar telaah para ahli) dan angket terbuka (lembar validasi para ahli dan angket respon siswa). Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya yang telah menerima materi persediaan.

Hasil pengembangan menunjukkan bahwa kelayakan isi, kelayakan penyajlan, kelayakan Bahasa, dan kelayakan kegrafikan masing-masing diperoleh persentase sebesar 81.3%, 85%, 88%, 96.5% dengan rata-rata kelayakan sebesar 87.7%. Sedangkan respon siswa diperoleh persentase sebesar 91%. Dengan demikian, Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dinyatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya pada materi persediaan.

Kata Kunci: Scientific Approach, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Materi Persediaan

Published
2018-01-17
How to Cite
NORISTA SARI, N. (2018). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MATERI PERSEDIAAN UNTUK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 10 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/22531
Section
Article
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 53