PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MATERI PERSEDIAAN UNTUK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 10 SURABAYA
Abstract
Penggunaan bahan ajar yang dikemas apik sesuai dengan kurikulum 2013 dapat menunjang kegiatan belajar siswa. Melalui pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis scientific approach untuk siswa kelas XI Akuntansi di SMKN 10 Surabaya dapat membantu siswa menumbuhkan minat belajar dan menambah referensi relevan serta dapat digunakan siswa untuk belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap Lembar Kegiatan Siswa akuntansi yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4P yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tertutup (lembar telaah para ahli) dan angket terbuka (lembar validasi para ahli dan angket respon siswa). Uji coba dilakukan pada 20 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 10 Surabaya yang telah menerima materi persediaan.
Hasil pengembangan menunjukkan bahwa kelayakan isi, kelayakan penyajlan, kelayakan Bahasa, dan kelayakan kegrafikan masing-masing diperoleh persentase sebesar 81.3%, 85%, 88%, 96.5% dengan rata-rata kelayakan sebesar 87.7%. Sedangkan respon siswa diperoleh persentase sebesar 91%. Dengan demikian, Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dinyatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 10 Surabaya pada materi persediaan.
Kata Kunci: Scientific Approach, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Materi Persediaan
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 53