PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR KELAS XII AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap kurikulum 2013 sehingga dalam pembelajaran membutuhkan bahan ajar digital. Bahan ajar digital dirasa sangat membantu guru dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik. Disisi lain bahan ajar digital juga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap bahan ajar digital yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan tertutup. Angket tersebut dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Hasil persentase diperoIeh berdasarkan’penghitungan’skala Likert’&’Guttman. HasiI penelitian rnenunjukkan 81% oleh validasi ahli materi, 95% oleh validasi ahli grafis, keduanya memperoleh”kriteria’sangat layak dan 87,5% dari respon siswa dengan kriteria sangat’baik. Rata-rata”keseluruhan’dari persentase yang diperoleh yaitu sebesar 87,33%, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital pada mata pelajaran akuntansi perusahaan manufaktur kelas XII akuntansi sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar Digital, Akuntansi Perusahaan Manufaktur
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 95