PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR KELAS XII AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA

  • MUSDZALIFAH

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap kurikulum 2013 sehingga dalam pembelajaran membutuhkan bahan ajar digital. Bahan ajar digital dirasa sangat membantu guru dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik. Disisi lain bahan ajar digital juga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap bahan ajar digital yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan tertutup. Angket tersebut dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitaif. Hasil persentase diperoIeh berdasarkan’penghitungan’skala Likert’&’Guttman. HasiI penelitian rnenunjukkan 81% oleh validasi ahli materi, 95% oleh validasi ahli grafis, keduanya memperolehkriteria’sangat layak dan 87,5% dari respon siswa dengan kriteria sangat’baik. Rata-rata”keseluruhan’dari persentase yang diperoleh yaitu sebesar 87,33%, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar digital pada mata pelajaran akuntansi perusahaan manufaktur kelas XII akuntansi sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci:  Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar Digital, Akuntansi Perusahaan Manufaktur

Published
2018-02-27
How to Cite
MUSDZALIFAH,. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR KELAS XII AKUNTANSI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/22924
Section
Article
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 95