PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN LKS PADA MATERI REKONSILIASI BANK

  • FARISTA ASRI YULIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo melalui pembelajaran guided discovery berbantuan LKS pada materi rekonsiliasi bank. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 3 menggunakan pembelajaran guided discovery berbantuan LKS. Pada aktivitas guru mendapatkan rata-rata keseluruhan sebesar 84% dengan kriteria “sangat baik” dan aktivitas siswa mendapatkan rata-rata keseluruhan sebesar 77,91% dengan kriteria “aktif”. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 63,89%, siklus II sebesar 77,78% dan siklus III sebesar 86,11%. Respon siswa selama mengikuti pembelajaran ini memberoleh hasil sebesar 96,17% dengan kategori “sangat baik”.  Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran guided discovery berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi rekonsiliasi  bank  kelas XI Akuntansi 3. 

 

Kata Kunci: Pembelajaran Guided Discovery, LKS, Hasil Belajar

Published
2018-02-28
How to Cite
ASRI YULIANA, F. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN LKS PADA MATERI REKONSILIASI BANK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/22938
Section
Article
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 74