Perbedaan Hasil Belajar Spreadsheet Menggunakan Modul dan Buku Teks Kelas X Akuntansi SMKN 1 SURABAYA

  • DESY NUR HAZIZAH WULANSARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik melalui penerapan modul dan buku teks mata pelajaran Spreadsheet kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental dengan rancangan Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi yang digunakan terdiri dari kelas X AKL 1 – X AKL 3 SMK Negeri 1 Surabaya tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 108 peserta didik. Sampel penelitian diambil secara acak (simple random sampling) dan menghasilkan kelas X AKL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AKL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan rata- rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 85 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 76,80. Hasil uji hipotesis menggunakan Uji Independent Sample T-test menunjukkan, taraf signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Hasil dari thitung > ttabel yaitu 3,247 > 1,994 pada taraf signifikansi 5% dan df=70 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak artinya bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas dengan menggunakan modul dan buku teks.

Published
2018-09-12
How to Cite
NUR HAZIZAH WULANSARI, D. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Spreadsheet Menggunakan Modul dan Buku Teks Kelas X Akuntansi SMKN 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25467
Section
Article
Abstract Views: 143
PDF Downloads: 174