Perbedaan Hasil Belajar Spreadsheet Menggunakan Modul dan Buku Teks Kelas X Akuntansi SMKN 1 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik melalui penerapan modul dan buku teks mata pelajaran Spreadsheet kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental dengan rancangan Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi yang digunakan terdiri dari kelas X AKL 1 – X AKL 3 SMK Negeri 1 Surabaya tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 108 peserta didik. Sampel penelitian diambil secara acak (simple random sampling) dan menghasilkan kelas X AKL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AKL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan rata- rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 85 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 76,80. Hasil uji hipotesis menggunakan Uji Independent Sample T-test menunjukkan, taraf signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Hasil dari thitung > ttabel yaitu 3,247 > 1,994 pada taraf signifikansi 5% dan df=70 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak artinya bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas dengan menggunakan modul dan buku teks.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 174