ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS SAINTIFIK DAN BUKU TEKS AKUNTANSI KEUANGAN MATERI METODE PENILAIAN PERSEDIAAN DI SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimen dengan desain penelitian pretest-posteet control group design. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran dengan menggunakan modul akuntansi dan buku teks akuntansi. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh kelas akuntansi di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. sedangkan, sampel penelitian ini adalah kelas XI Ak 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Ak 2 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan ialah Independent Sample t Test. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai rata-rata postest kelas eksperimen sebesar 20,266 sedangkan nilai rata-rata, sedangkan nilai rata-rata postest kelas kontrol sebesar 15,125 yang artinya kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Selain itu, diketahui bahwa thitung > ttabel (3.808 > 2.036), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran dengan menggunakan modul akuntansi dan pembelajaran dengan menggunakan buku teks akuntansi.
Kata Kunci : Modul Akuntansi Persediaan, Buku Teks Akuntansi Keuangan, Materi Metode Penilaian Persediaan.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 39