Perbandingan Hasil Belajar Penerapan PBL Dengan Dan Tanpa Menggunakan LKPD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan dan tanpa menggunakan Lembar Kegiatan Peseta Didik (LKPD). Penelitian ini mempunyai jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan The Noneequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Perbankan menggunakan teknik sampling jenuh dengan sampel kelas X Pb 1 sebagai kelas kontrol dan X Pb 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Dalam teknik analisis data, terdapat uji prasyarat yang terdiri atas uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas yang menggunakan uji Lavene. Sedangkan dalam uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Independent Sample Test. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 44,57% sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 29,25%. Dimana data pada kelas eksperimen rata-rata nilai posttest sebesar 87,57, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai posttest sebesar 81,42857. Dalam hasil uji Hipotesis menunjukkan bahwa taraf signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,010 < 0,05 dan dapat diketahui besarnya thitung (2,660) > ttabel (1,9925), sehingga H? diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan dan tanpa menggunakan LKPD.
Kata Kunci: hasil belajar, Problem Based Learning, Lembar Kegiatan Peserta Didik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

