Pengembangan Buku Teks Akuntansi Perbankan Syariah Berbasis Saintifik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Kelas XI Kompetensi Perbankan Syariah SMK Negeri 1 Lamongan

  • MUHAMMAD FAHMI YAFI
  • LUQMAN HAKIM

Abstract

Abstrak

Dalam penelitian pengembangan itu memperoleh buku teks dengan menggunakan langkah-langkah saintifik pada kegiatan inti pembelajaran. Tujuan dan penelitian ini diantaranya untuk menganilisis proses perkembangan buku teks, menganalisis kriteria buku teks, serta menganalisis tanggapan siswa-siswi pada buku teks bernuansa pendekatan saintifik pembelajaran perbankan syariah yang diteliti. Penelitian ini, jenis yang dipakai yakni R&D (Research & Development) dalam model 4D yang dikembangan oleh Thiagarajan tanpa melakukan tahap disseminate. Subyek penelitian ini adalah anak-anak tingkat XI Perbankan Syariah di SMK Negeri 1 Lamongan. Dari hasil penelitian ini mendapatkan nilai akhir rata-rata kelayakan buku oleh para ahli sejumlah 85,34% berkategorikan SangatValid. Komposisi kriteria isi menunjukkan nilai sebanyak 86,15% berkategorikan Sangat Valid, komposisi kriteria pensajian sebanyak 82% berkategorikan SangatValid, komposisi kebahasaan sebesar 84,28% dengan kategori sangat valid, serta komponen kegrafikan sebesar 88,93% berkategorikan SangatValid. Tes produk juga memperlihatkan hasil bahwa buku ajar bisa membuat ketertarikan siswa-siswi belajar, ditunjukkan oleh hasil prosentase sebesar 87,87% dengan kategori SangatBaik.

Kata Kunci: Akuntansi Perbankan Syariah, Bahan Ajar, Buku Teks, Pendekatan Saintifik.

Abstract

This development research produces textbooks using scientific steps at the core learning activities. The purpose of this study is to analyze the process of developing textbooks, analyzing the feasibility of textbooks, and analyzing students responses to textbooks based on scientific approaches on the subjects of Islamic banking accounting developed. The type of research used is R&D (Reseach and Development) with the 4D model developed by Thiagarajan without doing the disseminate stage. The subjects of this study were students of class XI Islamic Banking at SMK Negeri 1 Lamongan. The results of this study show the average results of the feasibility of textbooks by experts by 85,34% in the Very Valid category. The content feasibility component shows a result of 86,15% with a very valid category, the presentation feasibility component is 82% with a very valid category, linguistic component is 84,28% with a very valid category, and the graphics component is 88,93% with a very valid category. The results of product trials also show that textbooks can attract students interest in learning, as indicated by the percentage of 87,87% with very good categories.

Keywords: Islamic Banking Accounting, Intrucional Materials, TextBooks, Scientific Approac.

 

Published
2019-05-24
How to Cite
FAHMI YAFI, M., & HAKIM, L. (2019). Pengembangan Buku Teks Akuntansi Perbankan Syariah Berbasis Saintifik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Kelas XI Kompetensi Perbankan Syariah SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/27756
Section
Article
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 66