PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF PENUNJANG KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN LAYANAN LEMBAGA PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO KELAS XI PKM DI SMK NEGERI 1 JOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar interaktif penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran layanan lembaga perbankan dan keuangan mikro kelas XI PKM di SMKN 1 Jombang yang layak dan efektif digunakan oleh peserta didik kelas XI PKM. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Thiagarajan yaitu model pengembangan Four-D (4-D) yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Subjek yang terdapat dalam penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media, ahli grafis, ahli bahasa dan peserta didik kelas XI PKM. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan kuisioner terbuka dan kuisioner tertutup dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan bahan ajar interaktif yang dikemas dalam format .exe sehingga aplikasi dapat berdiri sendiri tanpa bantuan aplikasi lain. Disamping itu, bahan ajar interaktif layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran layanan lembaga perbankan dan keuangan mikro kelas XI PKM dengan hasil prosentase penilaian dari ahli materi sebesar 79%, ahli media 92%, ahli grafis 98%, dan ahli bahasa 85% serta respon peserta didik mendapatkan respon sebesar 94,5% yang dapat diinterpretasikan dalam kategori sangat baik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

