STUDI TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 MANYAR GRESIK
Abstract
Salah satu mutu pendidikan adalah dengan menciptakan lulusan yang berkualitas dan berkompeten. Dalam proses pembelajaran media berperan sebagai peningkatan prestasi akademik. Studi tentang penggunaan media bertujuan untuk mengatahui media yang digunakan, alasan penggunaan media dalam pembelajaran akuntansi serta kelayakan media. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini melalui tahap studi pendahuluan, tahap kepustakaan, tahap srudi lapangan, tahap analisis data. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara guru akuntansi dan angket lembar telaah media. Teknik analisis datanya menggunakan pengumpulan data wawancara maupun dokumentasi yang berhubungan dengan media pembelajaran dan kelayakan media pembelajaran akuntansi. Hasil jadi pada pengumpulan data wawancara oleh guru akuntansi yang dilakukan menunjukkan media yang digunakan dalam pembelajaran akuntansi adalah media power point. Karena lebih efisien, efektif, dan memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Hasil pengolahan data yang diolah menunjukkan bahwa kelayakan media power point yang digunakan oleh guru akuntansi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Manyar – Gresik layak digunakan, yaitu dengan kriteria kelayakan ≥75% (layak) sebesar 68,53%. Kata kunci : Media Pembelajaran, Akuntansi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 120