STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN BANTUAN LKS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS X AKUNTANSI
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual berbantuan LKS dengan model pembelajaran kooperatif di kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Nganjuk pada materi laporan keuangan perusahaan dagang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan posttest only kontrol group design.. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. . Dari hasil penelitian diperoleh, hasil belajar rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah 87,7778, sedangkan pada siswa kelas kontrol adalah 82,7228. Kemudian dilakukan uji t dan diperoleh thitung = 2,757 dan daftar ttabel = 2,021. Untuk rata-rata skor keterampilan proses siswa kelas eksperimen 12,111 sedangkan pada siswa kelas kontrol adalah 10,389. Kemudian dilakukan uji t dan diperoleh thitung = 4,801dan daftar ttabel = 2,021. Oleh karena itu, thitung > ttabel yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses siswa yang signifikan (meyakinkan) antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan bantuan LKS dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, LKS, Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Keterampilan Proses
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 17