STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN BANTUAN LKS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS X AKUNTANSI

  • Sriningsih Sriningsih
  • Agung Listiyadi

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual berbantuan LKS dengan model pembelajaran kooperatif di kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Nganjuk pada materi laporan keuangan perusahaan dagang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan posttest only kontrol group design.. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. . Dari hasil penelitian diperoleh, hasil belajar rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah 87,7778, sedangkan pada siswa kelas kontrol adalah 82,7228. Kemudian dilakukan uji t dan diperoleh thitung = 2,757 dan daftar ttabel = 2,021. Untuk rata-rata skor keterampilan proses siswa kelas eksperimen 12,111 sedangkan pada siswa kelas kontrol adalah 10,389. Kemudian dilakukan uji t dan diperoleh thitung = 4,801dan daftar ttabel = 2,021. Oleh karena itu, thitung > ttabel yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses siswa yang signifikan (meyakinkan) antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan bantuan LKS dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, LKS, Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Keterampilan Proses

How to Cite
Sriningsih, S., & Listiyadi, A. (1). STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN BANTUAN LKS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS X AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32728
Section
Article
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 17