PENGARUH MINAT, KONTINUITAS, DAN FASILITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BOJONEGORO
Abstract
Setiap kegiatan belajar yang dilakukan tentunya mengharapkan hasil belajar yang baik. Namun pada kenyataannya hasil belajar yang diperoleh belum tentu sesuai dengan harapan. Seperti hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bojonegoro tahun ajaran 2013/2014 dimana 60% dari siswa nilainya belum tuntas. Faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar tersebut adalah minat belajar, kontinuitas belajar dan fasilitas belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi berjumlah 95 siswa. Sampel penelitian berjumlah 72 dengan tingkat kesalahan 5% yang dipilih dengan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung untuk minat belajar 5,532 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, kontinuitas belajar 2,563 dengan tingkat signifikansi 0,013 ,dan fasilitas belajar 4,539 dengan tingkat signifikansi 0,000. Dan diperoleh Fhitung 64,552 dengan signifikansi 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh dari minat belajar, kontinuitas belajar, dan fasilitas belajar baik secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri Bojonegoro pada mata diklat komputer akuntansi. R square sebesar 74,0 , yang berarti bahwa 74% hasil belajar siswa dipengaruhi minat belajar, kontinuitas belajar, dan fasilitas belajar, sedangkan 26% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: minat belajar, kontinuitas belajar, fasilitas belajar, hasil belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 104