PENGARUH MINAT, KONTINUITAS, DAN FASILITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BOJONEGORO

  • Dita Rahmania

Abstract

Setiap kegiatan belajar yang dilakukan tentunya mengharapkan hasil belajar yang baik. Namun pada kenyataannya hasil belajar yang diperoleh belum tentu sesuai dengan harapan. Seperti hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bojonegoro tahun ajaran 2013/2014 dimana 60% dari siswa nilainya belum tuntas. Faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar tersebut adalah minat belajar, kontinuitas belajar dan fasilitas belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi berjumlah 95 siswa. Sampel penelitian berjumlah 72 dengan tingkat kesalahan 5% yang dipilih dengan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung untuk minat belajar 5,532 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, kontinuitas belajar 2,563 dengan tingkat signifikansi 0,013 ,dan fasilitas belajar 4,539 dengan tingkat signifikansi 0,000. Dan diperoleh Fhitung 64,552 dengan signifikansi 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh dari minat belajar, kontinuitas belajar, dan fasilitas belajar baik secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri Bojonegoro pada mata diklat komputer akuntansi. R square sebesar 74,0 , yang berarti bahwa 74% hasil belajar siswa dipengaruhi minat belajar, kontinuitas belajar, dan fasilitas belajar, sedangkan 26% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: minat belajar,  kontinuitas belajar, fasilitas belajar,  hasil belajar

How to Cite
Rahmania, D. (1). PENGARUH MINAT, KONTINUITAS, DAN FASILITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32730
Section
Article
Abstract Views: 123
PDF Downloads: 104