PENGARUH KEMAMPUAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA, SIMULASI DIGITAL, DAN FASILITAS LABORATORIUM AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SPREADSHEET SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 LAMONGAN

  • Indarta Ady Saputro

Abstract

Hasil belajar menjadi ukuran seorang siswa bahwa siswa itu berhasil atau tidak dalam proses belajar mengajar dan sejauh mana siswa dapat menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga mereka mendapatkan hasil yang maksimal.  Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor eksternal maupun internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan akuntansi perusahaan jasa, simulasi digital dan fasilitas laboratorium akuntansi secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar Spreadsheet pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Lamongan Tahun Ajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampelnya adalah sampel jenuh. Siswa kelas X Akuntansi diambil sebagai responden penelitian dengan jumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.Hasil penelitian dari uji F menunjukkan Fhitung sebesar 38,618 dan didukung signifikansi 0.000 yang menunjukkan bahwa kemampuan akuntansi perusahaan jasa, simulasi digital dan fasilitas laboratorium akuntansi berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar spreadsheet. Hasil uji t menunjukkan (1) kemampuan akuntansi perusahaan jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet sebesar 5,526; (2) simulasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet sebesar 4,504 dan (3) fasilitas laboratorium akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet sebesar 6,356. Nilai Adjusted R Square sebesar 0.614 berarti bahwa 61,4% hasil belajar spreadsheet siswa dipengaruhi oleh kemampuan akuntansi perusahaan jasa, simulasi digital dan fasilitas laboratorium akuntansi.

Kata Kunci: Kemampuan, Simulasi Digital, Fasilitas, Hasil Belajar

How to Cite
Saputro, I. A. (1). PENGARUH KEMAMPUAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA, SIMULASI DIGITAL, DAN FASILITAS LABORATORIUM AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SPREADSHEET SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32737
Section
Article
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 140