PENGARUH KEMAMPUAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA, SIMULASI DIGITAL, DAN FASILITAS LABORATORIUM AKUNTANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SPREADSHEET SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 LAMONGAN
Abstract
Hasil belajar menjadi ukuran seorang siswa bahwa siswa itu berhasil atau tidak dalam proses belajar mengajar dan sejauh mana siswa dapat menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga mereka mendapatkan hasil yang maksimal. Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor eksternal maupun internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan akuntansi perusahaan jasa, simulasi digital dan fasilitas laboratorium akuntansi secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar Spreadsheet pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Lamongan Tahun Ajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampelnya adalah sampel jenuh. Siswa kelas X Akuntansi diambil sebagai responden penelitian dengan jumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.Hasil penelitian dari uji F menunjukkan Fhitung sebesar 38,618 dan didukung signifikansi 0.000 yang menunjukkan bahwa kemampuan akuntansi perusahaan jasa, simulasi digital dan fasilitas laboratorium akuntansi berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar spreadsheet. Hasil uji t menunjukkan (1) kemampuan akuntansi perusahaan jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet sebesar 5,526; (2) simulasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet sebesar 4,504 dan (3) fasilitas laboratorium akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar spreadsheet sebesar 6,356. Nilai Adjusted R Square sebesar 0.614 berarti bahwa 61,4% hasil belajar spreadsheet siswa dipengaruhi oleh kemampuan akuntansi perusahaan jasa, simulasi digital dan fasilitas laboratorium akuntansi.
Kata Kunci: Kemampuan, Simulasi Digital, Fasilitas, Hasil Belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 140