PENGARUH PENGUASAAN AKUNTANSI DASAR, KOSA KATA BAHASA INGGRIS AKUNTANSI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MYOB SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO
Abstract
Hasil belajarTkomputer akuntansi MYOB siswa adalah hasilKinteraksi dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Penelitian bertujuan untuk mengetahuiI pengaruh penguasaan akuntansi dasar, kosa kata bahasaSInggris akuntansi dan efikasi diri terhadap hasil belajar komputer akuntansi MYOB siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jenis penelitian adalah kuantitaif dengan metode korelasional. TeknikLpengambilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling. Jumlah sampel sebanyak 83 siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Teknik pengumpulanMdata menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan ialah regresiUlinearberganda. Hasil penelitian menunjukkan penguasan akuntansi dasar, kosa kataSbahasa Inggris akuntansi dan efikasi diri secarassimultan berpengaruhYterhadap hasil belajar komputerRakutansi MYOB siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Sedangkan pengujian secara parsial menunjukkan bahwa penguasaan akuntani dasar berpengaruh terhadap hasil belajar komputerRakuntansi MYOB siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo dengan t hitung 5,488 dan signifikansi 0,000. Penguasaan kosa kata bahasa Inggris akuntansi secaraSparsial berpengaruh terhadap hasil belajar komputer akuntansi MYOB siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo dengan t hitung 5,451 dan signifikansi 0,000 serta efikasi diri secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajarTkomputer akuntansi MYOB siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo dengan t hitung 2,264 dan signifikansi 0,026.
Kata Kunci: hasil belajar komputer akuntansi MYOB, penguasaan akuntansi dasar, penguasaan kosa kata bahasa Inggris akuntansi, efikasi diri.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 194