PENGARUH COMPUTER KNOWLEGDE, COMPUTER ATTITUDE, DAN FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SURABAYA
Abstract
Hasil belajar komputer akuntansi yang dicapai siswa merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang mempengaruhinya, yaitu faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh computer knowledge, computer attitude, dan fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 130 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya berdasarkan propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa computer knowlegde, computer attitude, dan fasilitas laboratorium komputer secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Sedangkan pengujian secara parsial diperoleh hasil bahwa computer knowlegde berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya dengan nilai t hitung 8,724 dan signifikansi 0,000. Computer attitude secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya dengan nilai t hitung 2,093 dan signifikansi 0,038 serta fasilitas laboratorium komputer secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya dengan nilai t hitung 2,494 dan signifikansi 0,014.
Kata kunci : computer knowledge, computer attitude, fasilitas laboratorium komputer, hasil belajar, komputer akuntansi.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 707