KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PREZI DAN POWER POINT PADA MATERI MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN KELAS X SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO

  • Ruly Fibriyani

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah munculnya media pembelajaran baru seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju. Salah satu dari media pembelajaran itu adalah prezi. Prezi adalah salah satu inovasi software presentasi dalam bentuk kanvas besar yang dapat memperbesar dan memperkecil tampilan. Pada hasil observasi diketahui bahwa di kelas X SMK Negeri 1 Sooko guru telah menggunakan media pembelajaran power point. Oleh karena iu peneliti mencoba melakukan penelitian tentang prezi sebagai media pembelajaran di kelas.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajran prezi dan power point. Metode dalam penelitian ini adalah True Eksperiment dengan desain Posstest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Sooko dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X AK 1 dan X AK 2 dengan jumlah masing-masing kelas 36 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa akuntansi pada pokok bahasan menyusun laporan keuangan dilihat dari dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 93 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 86. Analisis data yang digunakan adalah uji t dengan menggunakan alat bantu SPSS dengan uji statistik uji independent sample test, menunjukkan taraf signifikan sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ini artinya ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran prezi dengan kelas yang menggunakan media pembelajaran power point.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Prezi,Power Point,  Hasil Belajar Abstract

How to Cite
Fibriyani, R. (1). KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PREZI DAN POWER POINT PADA MATERI MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN KELAS X SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32747
Section
Article
Abstract Views: 199
PDF Downloads: 155