PENGEMBANGAN MODUL MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS XI SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO
Abstract
Implementasi Kurikulum 2013 merupakan aktualisasi kurikulum dalam pembelajaran yang dikenal dengan pendekatan saintifik. Namun, pemerintah belum menyediakan bahan ajar akuntansi yang sesuai dengan Kurikulum 2013. SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto adalah sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013 tetapi masih menggunkan buku paket berbasis Kurikulum satuan pendidikan (KTSP) dan materi jurnal penyesuaian juga masih dianggap sulit oleh siswa hal ini dapat dilihat dari kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang belum banyak siswa yang mendapatkan nilai diatas 80. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk akhir berupa modul materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang berbasis pendekatan saintifik serta mengetahui kelayakan modul, dan respon siswa terhadap modul yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini diadaptasi dari model pengembangan 4P. Model pengembangan ini terdiri dari empat tahapan yakni tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Namun, pengembangan ini tidak melaksanakan tahap penyebaran karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dari komponen kelayakan isi sebesar 80,91% dengan kategori “sangat layak”, komponen kelayakan penyajian sebesar 80% dengan kategori “layak”, komponen kelayakan bahasa 70% dengan kategori “layak”, dan komponen kegrafikan sebesar 74,05% dengan kategori “layak”. Keseluruhan hasil validasi modul berdasarkan 4 komponen kelayakan dari para ahli diperoleh rata-rata persentase sebesar 76, 24% dengan kategori “layak”. Sedangkan hasil uji coba terbatas menunjukkan persentase sebesar 98,75% dengan kategori “sangat baik”..
Kata Kunci: Modul, Pendekatan saintifik, Jurnal penyesuaian perusahaan dagang
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 193