ANALISIS PENERAPAN ALAT EVALUASI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAGETAN
Abstract
Menyelenggarakan evaluasi baik merupakan bagian dari kompetensi yang harus dikuasai oleh setiap guru karena evaluasi merupakan bagian yang penting dalam suatu proses pembelajaran yang digunakan sebagai alat untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran . Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis alat evaluasi yang digunakan oleh guru akuntansi pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa kelas X smk Negeri 1 Magetan, untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respon siswa dari alat evaluasi yang digunakan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif karena semua data yang diperoleh diwujudkan dalam bentuk angka-angka dan dianalisis dengan statistik menggunakan bantuan program Anates v.4 dan di interpretasikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru akuntansi di SMK Negeri 1 Magetan untuk Ulangan Tengah Semester bentuk pilihan ganda dilihat dari aspek substansi, kontruksi, dan bahasa dikatakan layak dengan persentase 100% : 86,25% : 100%, sedangkan untuk soal bentuk Uraian juga dikatakan layak dengan persentase 100% : 62% : 100%. Dan untuk Ulangan Akhir Semester bentuk pilihan ganda juga dikatakan layak dengan persentase 94% : 85,34% : 100%. Namun analisis secara kuantitatif soal dikatakan tidak layak. Dari hasil respon siswa mengenai alat evaluasi yang digunakan oleh guru diketahui bahwa soal yang diberikan guru akuntansi sudah sesuai dengan materi pembelajaran yang mana soal tersebut juga sudah bagus dari segi bahasa dan petunjuk mengerjakan soal yang akhirnya soal tersebut mampu dikerjakan siswa tepat waktu.Kata
Kunci: Alat Evaluasi, kelayakan, dan respon siswa
Downloads
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

