PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Melalui media pembelajaran siswa diberi kemudahan dalam memahami materi pembelajaran. Media permainan ular tangga akuntansi merupakan media pembelajaran yang layak untuk digunakan sebagai media pengayaan dalam pembelajaran akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah Memberikan suatu variasi dalam pembelajaran akuntansi dengan mengembangkan suatu media pengayaan berupa permainan ular tangga akuntansi pada materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan jasa yang memperoleh kelayakan sebagai media pengayaan. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media dan 20 siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Sooko yang telah menerima materi tentang ayat jurnal penyesuaian perusahaan jasa. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar telaah ahli materi, lembar telaah ahli media, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket respon siswa. Hasil dalam penelitian ini adalah sebuah produk media pengayaan berupa permainan ular tangga akuntansi pada materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan jasa. Hasil kelayakan media dari ahli materi dan ahli media memperoleh persentase sebesar 78,57% sehingga memenuhi kriteria Layak, dan hasil respon siswa memperoleh persentase sebesar 88,5% sehingga memenuhi Kriteria sangat layak/sangat baik.
Kata kunci : Media Pengayaan, Permainan Ular Tangga, Akuntansi.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 144