PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA

  • Izzatie Alfi Sahri

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Melalui media pembelajaran siswa diberi kemudahan dalam memahami materi pembelajaran. Media permainan ular tangga akuntansi merupakan media pembelajaran yang layak untuk digunakan sebagai media pengayaan dalam pembelajaran akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah Memberikan suatu variasi dalam pembelajaran akuntansi dengan mengembangkan suatu media pengayaan berupa permainan ular tangga akuntansi pada materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan jasa yang memperoleh kelayakan sebagai media pengayaan. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media dan 20 siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Sooko yang telah menerima materi tentang ayat jurnal penyesuaian perusahaan jasa. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar telaah ahli materi, lembar telaah ahli media, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket respon siswa. Hasil dalam penelitian ini adalah sebuah produk media pengayaan berupa permainan ular tangga akuntansi pada materi ayat jurnal penyesuaian perusahaan jasa. Hasil kelayakan media dari ahli materi dan ahli media memperoleh persentase sebesar 78,57% sehingga memenuhi kriteria Layak, dan hasil respon siswa memperoleh persentase sebesar 88,5% sehingga memenuhi Kriteria sangat layak/sangat baik.

Kata kunci : Media Pengayaan, Permainan Ular Tangga, Akuntansi.

How to Cite
Sahri, I. A. (1). PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PENGAYAAN PADA MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32750
Section
Article
Abstract Views: 193
PDF Downloads: 144