SIGI TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 18 SURABAYA

  • SYAHRADINDA ERIDANIA MAMONTO

Abstract

Guru mempunyai kewajiban untuk meningkatkan kualitas peserta didiknya melalui media yang telah
dipilih serta diterapkannya pada pembelajaran. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat
digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat,
pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar. Kelayakan media
pembelajaran dapat dinilai berdasarkan kualitas isi dan tujuan, kebahasaan, serta kualitas penyajiannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan serta alasan guru
menggunakan media tersebut, dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang digunakan guru
dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 18 Surabaya.  
  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri
18 Surabaya. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran akuntansi kelas XI SMA Negeri 18 Surabaya,
sedangkan objek penelitian adalah uji kelayakan media pembelajaran yang digunakan oleh guru tersebut.
Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan
instrumen penelitian berupa lembar wawancara dan lembar telaah. Data yang dianalisis dalam penelitian ini
berasal dari lembar telaah ahli media yang diukur menggunakan skala likert.
  Media pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran akuntansi di kelas XI IPS SMA
Negeri 18 Surabaya adalah  powerpoint  yang didukung dengan penggunaan papan tulis (whiteboard).
Alasan guru mengunakan media powerpoint  tersebut adalah karena penggunaan media powerpoint dinilai
sangat cocok untuk menyampaikan materi akuntansi karena media tersebut dapat disajikan dengan tampilan
yang beragam sehingga menarik perhatian siswa dan siswapun tidak merasa jenuh dalam kegiatan
pembelajaran. Media pembelajaran  powerpoint  pada mata pelajaran akuntansi dinilai layak digunakan
dilihat dari tiga komponen, yaitu komponen kelayakan isi, komponen kelayakan kebahasaan, dan
komponen kelayakan penyajian dengan persentase sebesar 68,13%.
Kata kunci: Media pembelajaran, Akuntansi

Published
2013-08-15
How to Cite
ERIDANIA MAMONTO, S. (2013). SIGI TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 18 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/3809
Section
Article
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 734