SIGI TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 18 SURABAYA
Abstract
Guru mempunyai kewajiban untuk meningkatkan kualitas peserta didiknya melalui media yang telah
dipilih serta diterapkannya pada pembelajaran. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat
digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat,
pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar. Kelayakan media
pembelajaran dapat dinilai berdasarkan kualitas isi dan tujuan, kebahasaan, serta kualitas penyajiannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan serta alasan guru
menggunakan media tersebut, dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang digunakan guru
dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 18 Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri
18 Surabaya. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran akuntansi kelas XI SMA Negeri 18 Surabaya,
sedangkan objek penelitian adalah uji kelayakan media pembelajaran yang digunakan oleh guru tersebut.
Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan
instrumen penelitian berupa lembar wawancara dan lembar telaah. Data yang dianalisis dalam penelitian ini
berasal dari lembar telaah ahli media yang diukur menggunakan skala likert.
Media pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran akuntansi di kelas XI IPS SMA
Negeri 18 Surabaya adalah powerpoint yang didukung dengan penggunaan papan tulis (whiteboard).
Alasan guru mengunakan media powerpoint tersebut adalah karena penggunaan media powerpoint dinilai
sangat cocok untuk menyampaikan materi akuntansi karena media tersebut dapat disajikan dengan tampilan
yang beragam sehingga menarik perhatian siswa dan siswapun tidak merasa jenuh dalam kegiatan
pembelajaran. Media pembelajaran powerpoint pada mata pelajaran akuntansi dinilai layak digunakan
dilihat dari tiga komponen, yaitu komponen kelayakan isi, komponen kelayakan kebahasaan, dan
komponen kelayakan penyajian dengan persentase sebesar 68,13%.
Kata kunci: Media pembelajaran, Akuntansi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 734