Faktor Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) di Indonesia

Authors

  • Ullifah Yanti Universitas Trunojoyo Madura

Keywords:

Pengaruh, Faktor Motivasi, Lingkungan Akademik, Minat Mahasiswa Akuntansi, Pendidikan Profesi Akuntansi

Abstract

Professional Accounting Education (PPAK) plays an important role in equipping students majoring in accounting to become experts in the field of accounting. The aim of this research is to determine how certain factors influence accounting students' desire to take part in a professional accounting program, as well as evaluate the impact of the academic environment on accounting students' intentions to complete PPAK. This research method uses a "charting the field" approach. The results of the research are as follows. (1) Motivational factors such as qualifications, career opportunities, and financial aspects have a significant influence on students' interest in participating in vocational training programs. (2) motivation, career opportunities and financial conditions have a significant effect on students' interest in participating in PPAK education. (3) Motivational factors such as qualifications, academic achievement and emotional intelligence make a positive contribution to students' interest in pursuing professional accounting education. (4) Motivational factors such as professional and social motivation do not have a significant influence on students' interest in pursuing PPAK education. (5) Motivational factors such as program quality, career opportunities, financial efficiency, social motivation, perception of training costs, and perception of study duration have a significant influence on student interest in professional accounting education. .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, B. P. (2020). Pengaruh Motivasi, Sikap Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Pendidikan Profesi Akuntansi Terhadap Minat Menjadi Akuntan Perusahaan Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amm Mataram. Bina Bangsa Ekonomika, 9.

Desi Ika, Y. S. (2022). Analisis Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansiuntuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak)Studi Pada Perguruan Tinggi Negeri Di Medan. Value Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan dan Bisnis , 112.

Fajarsari, H. (2020). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) di Kota Semarang. Jurnal Pamator, 30-31.

Ferdiansyah, D. S. (2021). Pengaruh Motivasi Kualitas, Motivasi Ekonomi Dan Motivasi Karir Terhadap Minatmahasiswa Mengikuti PPAk. 23.

Inayah, & Ratnawati, D. (2022). Motivasi Karir, Lama Pendidikan, Dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Journal of Management and Bussines (JOMB).

Indrawati, N., & Nurmayanti, P. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengukuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk), . 9.

Jaeni, M. &. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). JURNAL ILMIAH KOMPUTERISASI AKUNTANSI, 205.

Jeniari, A. M. (2019). Pengaruh Motivasi Pada Minat Mahasiswa Non Akuntansi Program Reguler Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Jurnal Akuntansi, 1734.

Kemala, E. R. (2021). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Akuntansi (PPAk) di Universitas Dharma Andalas. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Kusumo Y, T. T. (2020). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Untuk Mengikuti PPAk (studi pada mahasiswa akuntansi akuntansi universitas brawijaya malang).

Mukaromah, W., Mutma'inah, K., & Fitriyanti, F. Y. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak) Dengan Biaya Pendidikan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Prodi Akuntansi Angkatan 2019 Di Universitas Sains Al Qur’an, . Jurnal Akuntansi, Manajamen dan Perbankan Syariah.

Ni Putu Nirvana Dewi Eka Putri, A. Y. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi(PPAk) (Studi Empiris pada Mahasiswa Prodi Akuntansi, Universitas Mahasaraswati Denpasar). Jurnal Sains, Akuntansi dan Manajemen, 151.

Nursiam, D. A. (2019). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan Dan Lama Pendidikanterhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikutipendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Seminar Nasional & Call For Paper Seminar Bisnis Magister Manajemen, 143.

Pujisari, Y. (2020). Pengaruh Grit, Self Efficacy Dan Faktor Lain Terhadap Keinginan Untuk Memperoleh Sertifikasi Akuntan Profesional. 16.

Rivandi, M., & E.R, K. (2021). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan,dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Akuntansi (PPAk) di Universitas Dharma Andalas. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas.

Rizka Ananda Pratama, M. A. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Biaya Pendidikan Terhadapminat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi ( PPAk ). JAB Vol. 8 No. 02, 13.

Sado, M. E., Rengga, A., & Dilliana, S. M. (2023). Pengaruh Motivasi, Biayapendidikan, Dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi(Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Nusa Nipa). Jurnal Creativity Scientific Student.

Sari, A. S. (2019). Pengaruh Motivasi, Prestasi Akademik, Dan Kelompok Rujukan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi.

Sari, D. R., Anggraini, L. D., & Pebriani, R. A. (2023). Pengaruh Motivasi Karier, Persepsi Biaya dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti PPAk dan Sertifikasi Chartered Accountant (CA) . Jurnal Akuntansi dan Keuangan Konteporer (JAAK).

SELFIANA, C. (2021). Analisis Pengaruh Motivasi Terhadap Minatmengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi(Studi Pada Mahasiswa Akuntansi UIN Malang). skripsi, 1.

Septiani, D., & Ferdiansyah. (2022). Pengaruh Motivasi Kualitas, Motivasi Ekonomi Dan Motivasi Karir Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti PPAK. Junal Ekonomi.

Widowati, S. &. (2023). Pengaruh Pertimbangan Pasar Kerja, Penghargaan Finansial, Pelatihan Profesional Dan Lingkungan Kerja Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Pemerintahan (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Telkom). Manajemen Studies and Enterpreneurship , 12.

Downloads

Published

2025-11-13

How to Cite

Yanti, U. (2025). Faktor Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) di Indonesia . Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 12(3), 195–204. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/57816

Issue

Section

Article
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0