PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU UNO SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI POKOK BAHASAN HUTANG JANGKA PANJANG
Abstract
Alat evalausi berupa permainan kartu uno ini merupakan salah satu inovasi atau varians agar dapat mengurangi tingkat kecemasan siswa dengan tujuan: (1) menghasilkan permainan kartu uno sebagai alat evaluasi pembelajaran akuntansi pokok bahasan hutang jangka panjang (2) mendeskripsikan kelayakan permainan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan Thiagarajan dengan 3 tahapan yakni Define, Design, dan Develop tanpa tahap Disseminate. Tahap Develop meliputi uji coba terbatas kepada 20 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan kartu uno sebagai alat evaluasi pembelajaran akuntansi termasuk dalam kategori sangat layak, ditinjau dari validasi butir soal sebesar 81%, kelayakan uji coba soal terdapat 76 butir soal layak digunakan dengan menghitung validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Respon siswa terhadap permainan kartu uno sebagai alat evaluasi pembelajaran akuntansi positif sebesar 84%.
Kata Kunci : Permainan Kartu Uno, Alat Evaluasi, Hutang Jangka Panjang, Kelas XI Akuntansi SMK
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 289