PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU UNO SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI POKOK BAHASAN HUTANG JANGKA PANJANG

  • NURUL HIDAYATI

Abstract

Alat evalausi berupa permainan kartu uno ini merupakan salah satu inovasi atau varians agar dapat mengurangi tingkat kecemasan siswa dengan tujuan: (1) menghasilkan permainan kartu uno sebagai alat evaluasi pembelajaran akuntansi pokok bahasan hutang jangka panjang (2) mendeskripsikan kelayakan permainan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan Thiagarajan dengan 3 tahapan yakni Define, Design, dan Develop tanpa tahap Disseminate. Tahap Develop meliputi uji coba terbatas kepada 20 siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan kartu uno sebagai alat evaluasi pembelajaran akuntansi termasuk dalam kategori sangat layak, ditinjau dari validasi butir soal sebesar 81%, kelayakan uji coba soal terdapat 76 butir soal layak digunakan dengan menghitung validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Respon siswa terhadap permainan kartu uno sebagai alat evaluasi pembelajaran akuntansi positif sebesar 84%.

 

Kata Kunci : Permainan Kartu Uno, Alat Evaluasi, Hutang Jangka Panjang, Kelas XI Akuntansi SMK

Published
2014-08-20
How to Cite
HIDAYATI, N. (2014). PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU UNO SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI POKOK BAHASAN HUTANG JANGKA PANJANG. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/9060
Section
Article
Abstract Views: 300
PDF Downloads: 289